Hati-hati Mengucapkan Ini Kambingku Bisa Menjadi Nadzhar untuk Berkurban



JIPANG.ID - Alhamdulliah pada perjumpaan saat ini kita dapat bertemu kembali dalam keadan sehat jasmani dan rohani. Semoga kita semua dengan sifat rohman dan rokhim Allah Swt dapat terhindar dari virus corona yang saat ini sedang merajalela.

Kita sebagi Muslim yang bertaqwa harus berhati-hati saat mengatakan "Ini kurban ku". Mengapa demikian, karena saat mengatakan ini kurban ku, kurban yang semula memiliki hukum sunah akan berubah menjadi wajib ketika status kurban berubah menjadi wajib maka disamakan dengan nadzar. Jadi saat sesuatu itu disebut dengan nadzar ada keharusan yang perlu dilakukan oleh umat islam.

Ketika status kurban berubah menjadi nadzar diharuskan menyedekahkankan semua daging hewan kurban yang telah disembelih kepada umat islam lain. Bagi Ia yang niat kurban tidak diperbolehkan mengambil daging kurban walaupun hanya sedikit.

Tetapi Ulama’ Mutaakhirin dalam masalah ini berpendapat bahwa perubahan status dari sunnah menjadi wajib tidak berlaku bagi orang yang awam. Perubahan status hanya berlaku untuk orang alim yang paham dengan masalah ini.

Alasan perubahan itu tidak berlaku karena orang yang awam tidak mengerti maksud dari perkataan yang Ia ucapkan. Sehingga, dalam masalah ini orang awan di ma’dhur atau dimaafkan. Jadi status kurban yang ia lakukan tetap dihukumi sunnah dan tidak bisa disebut sebagai nadzar.

Supaya lebih jelas solusi yang kita dapat berhubungan dengan hukum mengucapkan ini kurban ku. Silakan simak kajian yang disampaikan langsung oleh Gus Rumaizijat.

Bila dalam penyampain kajian kali ini membuat Anda berbelit dalam memahaminya mohon dimaafkan. Sekiranya Anda berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun silahkan disampaikan.

Terimakasih, Wassalamualikum Wr. Wb.

Salam Ngaji.

1 comment for "Hati-hati Mengucapkan Ini Kambingku Bisa Menjadi Nadzhar untuk Berkurban"

  1. Kalau mengatakan "ini qurbanku" menjadi qurban nazar/wajib bagi orang alim. Terus bagaimana cara mengucapkannya?ketika membeli kambing atau sedang ngobrol tentang qurban. Maturnuwun.

    ReplyDelete